Senin, 23 November 2009

TRANSPORTASI UDARA

SEJARAH PESAWAT TERBANG














wright brothers
















Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

-Kategori dan klasifikasi


Lebih berat dari udara
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara disebut aerodin, yang masuk dalam kategori ini adalah autogiro, helikopter, girokopter dan pesawat bersayap tetap. Pesawat bersayap tetap umumnya menggunakan mesin pembakaran dalam yang berupa mesin piston (dengan baling-baling) atau mesin turbin (jet atau turboprop) untuk menghasilkan dorongan yang menggerakkan pesawat, lalu pergerakan udara di sayap menghasilkan gaya dorong ke atas, yang membuat pesawat ini bisa terbang. Sebagai pengecualian, pesawat bersayap tetap juga ada yang tidak menggunakan mesin, misalnya glider, yang hanya menggunakan gaya gravitasi dan arus udara panas. Helikopter dan autogiro menggunakan mesin dan sayap berputar untuk menghasilkan gaya dorong ke atas, dan helikopter juga menggunakan mesin untuk menghasilkan dorongan ke depan.

Lebih ringan dari udara
Sebuah balon udara.Pesawat terbang yang lebih ringan dari udara disebut aerostat, yang masuk dalam kategori ini adalah balon dan kapal udara. Aerostat menggunakan gaya apung untuk terbang di udara, seperti yang digunakan kapal laut untuk mengapung di atas air. Pesawat terbang ini umumnya menggunakan gas seperti helium, hidrogen, atau udara panas untuk menghasilkan gaya apung tersebut. Perbedaaan balon udara dengan kapal udara adalah balon udara lebih mengikuti arus angin, sedangkan kapal udara memiliki sistem propulsi untuk dorongan ke depan dan sistem kendali.


SEJARAH HELIKOPTER









Ketika itu naik dari tanah secara vertikal dengan pilot di akhir musim panas 1907, helikopter No.1 dibangun oleh Louis dan Jacques Breguet dalam hubungan dengan Profesor Akhirnya, setelah pergantian abad, ringan baru pembangkit listrik menjadi tersedia. Cocok untuk awal mobil dan kotak-layang-layang pesawat terbang, mesin bensin mulai membuktikan sendiri. Pada tahun 1907, empat tahun setelah Wright brothers telah terbang pesawat dikendalikan pertama, desainer Perancis Louis Breguet membangun sebuah primitif helikopter yang bisa mengangkat seorang pria ke udara.

Itu adalah masa berkembangnya seni dan ilmu pengetahuan di Perancis. Meskipun pesawat pertama telah diterbangkan di Amerika Serikat, untuk dekade pertama Prancis, dengan gairah dan antusiasme Gallia, memimpin dunia dalam penelitian dan kemajuan penerbangan. Helikopter itu contoh kasusnya, untuk pertama terbang adalah mesin untuk Prancis. Inspirasi berasal, mungkin, dari "Trium-virat Helicoidal" dari lima puluh tahun sebelumnya.













A purist mungkin cemoohan melompat pertama pada tahun 1907 tidak benar-benar berada penerbangan, karena mesin itu dipegang mantap oleh empat asisten untuk mencegah gerakan yang tidak menentu. Namun helikopter Breguet-Richet No.1 tidak mengambil Monsieur Volumard - dipilih untuk ringan - ke udara untuk pertama kalinya pada 24 Agustus 1907. Mesin hanya naik ke ketinggian sekitar dua kaki, tetap di udara selama satu menit. Sayangnya, hal itu tidak cukup stabil atau dikendalikan secara gratis penerbangan, dan akhirnya tes dihentikan demi membangun mesin yang sama sekali baru.

Tahun berikutnya Breguet diproduksi helikopter kedua. Itu dilengkapi dengan 25-kaki kembar rotor, diaktifkan oleh 55-tenaga kuda mesin Renault, dengan satu set sayap biplan untuk mengukur baik. Pada 22 Juli 1908, naik vertikal ke ketinggian 4.5m terhormat dan terbang untuk jangka waktu singkat, tampaknya di bawah kendali, tetapi mesin sama sekali hancur pada pendaratan. Charles Richet harus menyeimbangkan oleh seorang pria yang ditempatkan di ujung masing-masing dari empat lengan mendukung rotor. Itu tidak bisa, karena itu, mengambil kredit untuk menjadi yang pertama helikopter untuk membuat penerbangan gratis, meskipun tanah penolong memberikan kontribusi apa-apa terhadap kekuatan mengangkat rotor, tetapi itu adalah mesin pertama untuk mengangkat dirinya sendiri, dengan pilot, vertikal off tanah dengan cara berputar-sistem sayap angkat. Pada dasarnya, mesin Breguet terdiri dari empat persegi panjang chassis pusat pipa baja mendukung Mesin dan pilot; dari setiap sudut casing ini memancarkan ada lengan, juga dari pipa baja konstruksi, di ujung yang dipasang tertutup kain-4 -blade rotor biplan, membuat total 32 kecil mengangkat permukaan. Sepasang menentang diagonal rotor diputar dalam arah searah jarum jam, pasangan lainnya bergerak berlawanan jarum jam. Pilot, M. Volumard, yang konon dipilih setidaknya sebagian karena bertubuh kecil - dia beratnya hanya 68kg. Pihak berwenang atas tanggal berbeda dari mesin Breguet penerbangan pertama di Douai, 24 Agustus dan 19 September 1907 dikutip dengan jaminan yang sama; pada kesempatan ini naik pesawat sekitar 0.60M. Take-off untuk beberapa 1.50m tercapai selama tes di 29 September, dan ketinggian serupa itu dicapai dalam beberapa tes berikutnya, tapi Richet Breguet-pesawat itu tidak dapat dikontrol atau steerable pada bidang horizontal.

Pada tahun 1908 yang Breguet-Richet kolaborasi menghasilkan No.2 helikopter, diaktifkan oleh mesin Renault 55hp dan memiliki dua ke depan tilting 2-blade rotor dengan diameter 7.85M dan, di samping itu, sayap tetap memberikan tambahan mengangkat permukaan 50m2 .

Tampaknya lebih-atau-kurang contemporarily dengan pesawat, ketika Volumand - dipilih sebagai pilot terutama pada yang sederhana tentang berat 64kg - jelas diangkat dari dalam tanah di Douai di Perancis pada 29 September 1907, di helikopter rumit dibangun oleh Louis dan Jacques Breguet di bawah bimbingan Profesor Charles Richet. Pesawat mencapai ketinggian hanya 60 cm (2 kaki) dan benar-benar tak terkendali, sejauh bahwa hal itu harus memantapkan oleh empat asisten. Tapi itu pertama kalinya sebuah alat mekanik telah membangkitkan dirinya sendiri secara vertikal dari tanah dengan seorang laki-laki di kapal, menggunakan sistem sayap rotari, bahkan jika tidak bisa digambarkan sebagai penerbangan bebas.

The Breguet-Richet kerajinan memiliki Antoinette 45hp mesin dan rotor, hanya kecepatan rotasi yang dapat dikontrol, yang 8m diameter. Setahun kemudian, helikopter No.2 muncul, dengan yang lebih kuat Renault mesin 55hp dan dua miring ke depan dua-blade rotor, diameter yang sedikit lebih kecil daripada permukaan mengangkat utama, yang memberikan dorongan bagi gerakan maju. Pada akhir musim panas 1908, pesawat ini rusak parah arahan yang berat, tapi dibangun kembali dan terbang lagi musim semi berikutnya.














Jenis pesawat


Berdasarkan desain

Balon udara
Kapal udara
Pesawat bersayap tetap
Pesawat bersayap satu
Pesawat bersayap delta
Pesawat bersayap lipat
Sayap terbang
Pesawat bersayap dua
Pesawat bersayap tiga

Helikopter sipil Bell 407 di Bandara Niederrhein, Jerman.Pesawat sayap berputar
Helikopter
Autogiro

Berdasarkan propulsi
Pesawat terbang layang (Glider)
Pesawat bermesin piston
Pesawat bermesin turbo propeler
Pesawat bermesin turbojet
Pesawat bermesin turbofan
Pesawat bermesin ramjet

Berdasarkan penggunaan
Pesawat-pesawat eksperimental NASA.Pesawat eksperimental
Pesawat penumpang sipil
Pesawat angkut
Pesawat militer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar